header-int

Sejarah Universitas Samawa

Posted by : Administrator
Share

SEJARAH UNIVERSITAS SAMAWA        

           Universitas Samawa merupakan universitas pertama yang didirikan di Pulau Sumbawa. Universitas Samawa di didirikan dibawah naungan Yayasan Pendidikan dan Kebudayaan Samawa. Universirsitas Samawa dikembangkan atas dasar usulan dan aspirasi masyarakat, animo para lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA), karyawan, guru, pegawai pemerintah maupun swasta yang sangat mengharapkan dibukanya suatu perguruan tinggi dalam bentuk Universitas yang representatif, terjangkau dari segi jarak dan memiliki berbagai kedisiplinan ilmu.

Pembukaan Universitas Samawa terlebih dahulu telah melalui proses pengkajian dan penelitian yang mendalam serta pertimbangan yang matang sehingga sampai pada taraf kesimpulan tentang pentingnya keberadaan Perguruan Tinggi di Kabupaten Sumbawa. Kemudian secara intensif dilakukan persiapan oleh STKIP Sumbawa dan ketua Yayasan Pendidikan dan Kebudayaan dalam merealisasikan berdirinya Universitas Samawa (UNSA) di Sumbawa.

Usulan pengembangan STKIP Sumbawa menjadi UNSA Sumbawa diajukan oleh Ketua Yayasan Pendidikan dan Kebudayaan Samawa dengan surat permohonan kepada Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI melalui Kopertis wilayah VIII Denpasar, dengan nomor surat 061/YPKS-SBW/V/1997 tertanggal 12 Mei 1997, dengan perihal yaitu pengembangan STKIP Sumbawa menjadi Universitas Samawa Sumbawa Besar. Atas dukungan berbagai pihak, Syukur Alhamdullilah berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 176/D/O/1998 berdirilah Universitas Samawa (UNSA) Sumbawa Besar dengan status terdaftar, terhitung mulai tanggal 29 Desember 1998.

Unidha Universitas Samawa Merupakan Perguruan Tinggi Swasta yang menjadi Icon Pulau Sumbawa, Sejak Lama Telah Memberikan Banyak Dampak di Dalam Dunia Pendidikan dan Penelitian di Tanah Pulau Sumbawa
© 2020 Universitas Samawa Sumbawa Besar NTB Follow Universitas Samawa : Facebook Twitter Linked Youtube